Menu
×

Wisata Bersejarah dan Alam di Candi Canggal

Kebanyakan para wisatawan yang datang ke Magelang hanyalah akan mengunjungi Candi Borobudur dan Candi Mendut. Hal ini dikarenakan kedua candi tersebutlah yang paling populer di kalangan para wisatawan. Padahal, Magelang masih memiliki banyak candi keren lain yang sangat sayang jika terlewatkan. Salah satunya adalah candi canggal. Selain dikenal dengan nama Canggal, candi ini juga populer dengan sebutan Candi Gunungwukir. Hal ini dikarenakan candi tersebut terletak di puncak bukit Gunungwukir. Secara administratif, candi denga corak Hindu ini berada di Dusun Canggal, Kecamatan Salam, Kadiluwih. Berdasarkan penelitian, banyak arkeolog yang mengungkapkan bahwa Candi Gunungwukir ini adalah candi paling tua yang dibangun pada zaman Kerajaan Mataram Kuno, pada masa pemerintahan Raja Sanjaya di tahun 732 M.

Letaknya yang berada di atas bukit membuat candi ini memiliki pemandangan alam yang memukau. Apalagi rerimbunan vegetasi alami yang mengelilingi candi ini juga menciptakan suasana asri yang sejuk dipandang. Untuk bisa mencapai candi canggal Anda harus lebih ekstra bersabar. Karena jalan yang dilalui berupa jalan setapak yang masih tanah. Candi yang juga dikenal dengan nama Shiwalingga ini adalah candi Hindu. Hal ini ditandai dengan terdapatnya arca Nandi dan Yoni. Sekedar informasi, Arca Yoni dan sebuah lingga merupakan lambang yang hanya dimiliki oleh dewa Siwa. Tak heran jika candi ini diidentifikasi sebagai candi peninggalan masyarakat Hindu. Sayangnya, lingga tersebut sudah tidak ada lagi di candi ini. Sementara arca Nandi adalah lembu yang menjadi  kendaraannya.

Dari data Balai Pelestarian Cagar Budaya atau yang disingkat BPCB, kompleks candi canggal memiliki bangunan utama dengan 4 candi. Kompleks ini memiliki ukuran seluas 50 × 50 m. Sayangnya, dari semua candi mulai dari candi induk hingga ketiga candi perwara tidak ada yang dalam kondisi utus satu candi pun. Kini, prasasti Canggal disimpan di dalam Museum Nasional Jakarta. Bahan dasar komplek candi ini adalah batu andesit.

Letak Candi Gunung Wukir / Candi Canggal pada Google Map

Prasasti canggal pertama kali ditemukan pada tahun 1879. Prasasti yang ditemukan pertama kali tertera angka berupa tahun 654 M dan 732 M. Dimana prasasti tersebut ditemukan di kompleks candi. Prasasti tersebut bertuliskan Sansekerta dengan bahasa Pallawa yang menceritakan asal muasal pembangunan candi. Tak hanya itu, tertuliskan pula cerita keberanian dan kegagahan Raja Sanjaya yang berhasil menaklukkan para musuhnya.

Untuk bisa mencapai situs bersejarah ini, Anda bisa naik angkutan umum ke Kecamatan Ngluwar kemudian turun di Kadiluwih. Selanjutnya Anda bisa berjalan kaki melewati jembatan dan perkebunan lalu mendaki bukit wukir kurang lebih 500 m. Selama perjalanan menuju candi canggal, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa asri dan menyejukkan.

No Tag have Found!
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?