Menu
×

Serunya Jalan-jalan ke Candi Gunung Sari Magelang

Magelang memang dikenal sebagai kota yang kaya akan nilai artistiknya. Hal ini terlihat dari banyaknya candi yang bisa ditemukan pada kota ini. Tidak hanya borobudur dan Mendut, Magelang memiliki candi bersejarah lain yang wajib untuk Anda kunjungi yaitu candi gunung sari. Situs candi bersejarah ini adalah salah satu peninggalan masyarakat hindu zaman dulu yang berlokasi di Dusun Gulon, Kecamatan Salam, Magelang. Secara administratif candi tersebut memang terletak di puncak gunungsari.

Dari situs ini, Anda bisa bisa menyaksikan keindahan panorama kota magelang yang menakjubkan. Candi yang berada di bukit Gunung sari ini memang masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat terkait dengan keberadaan candi ini. Pepohonan hijau yang mengelilingi candi akan membuat Anda menyadari betapa indahnya alam di Kota Magelang.

Candi Gunung Sari

Sumber gambar : Google Plus @MUTIAH FAIZAH

Candi Gunung Sari adalah peninggalan pada abad ke 6 sampai dengan ke 8. Sehingga bisa diartikan bahwa peninggalan zaman Hindu ini lebih tua dibandingkan dengan Candi Prambanan maupun Candi Borobudur. Banyak arkeolog yang mengungkapkan bahwa candi yang ada di Gunungsari ini diduga sebagai situs candi paling tua di tanah Jawa. Jadi bagi Anda yang senang berwisata sejarah, sangat disayangkan apabila tidak mampir mengunjungi situs ini. Candi tertua di Jawa ini ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1996. Sejak tahun 1980-an candi ini sudah menjadi salah satu situs bersejarah yang dikenal oleh warga setempat. Asal muasal candi ini belum diketahui secara pasti oleh para arkeolog. Hanya saja terlihat sebagai peninggalan candi Hindu karena terdapat relief “Yoni” yang masih utuh.

Situs peninggalan bersejarah di Kota Magelang ini adalah bukti kemegahan peradaban di zaman dulu yang patut untuk dilindungi. Sayangnya candi ini kalah populer di Candi Prambanan dan Candi Borobudur yang banyak mendapatkan perhatian dari pemerintah dan masyarakat. Penemuan candi ini tidak disengaja. Ketika ada stasiun televisi yang tengah mencari lokasi pemancar untuk area Gunung sari. Pada awal penggalian yang ditemukan pertama kali adalah batuan andesit.  Dari sanalah pihak stasiun televisi tersebut menghentikan penggalian dan melaporkannya pada BP3 Jawa Tengah melakukan penelitian lebih lanjut. Dari titik penemuan itulah ditemukan Candi Gunung Sari.

Untuk bisa sampai ke candi bersejarah di Gunungsari ini, Anda harus menaiki bukit dengan berjalan kaki sekitar 20 menit.  Dikelilingi dengan sawah pedesaan yang terhampar luas menciptakan panorama alam yang menawan. Meskipun yang tertinggal dari Candi Gunung Sari hanya bongkahan sisa peninggalan, situs ini tetap direkomendasikan untuk Anda yang ingin berwisata alam sambil mendalami peninggalan bersejarah. Apalagi, panorama sekitarnya juga sangat bagus untuk dijadikan sebagai tempat hunting foto.

Lokasi Candi Gunung Sari di Google Map :

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?