Menu
×

Berkeliling di Komplek Candi Ijo Sleman Yogyakarta

Candi Ijo merupakan objek wisata yang terletak di puncak bukit Ijo atau Gumuk Ijo, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Berada di ketinggian 410 meter di atas permukaan laut membuat wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini harus melewati jalanan menanjak. Pastikan terlebih dahulu kendaraan dalam kondisi baik dan dikendarai oleh yang sudah ahli karena selain menanjak, jalanannya juga tidak terlalu tidak terlalu baik. Bangunan candi ini berada dekat dengan Candi Ratu Boko, namun cukup tersembunyi sehingga tidak begitu ramai pengunjung.

Tempat candi ini berdiri merupakan tempat tertinggi dibandingkan tempat candi lainnya yang ada di Yogyakarta dan termasuk dalam candi Hindu. Bangunan peninggalan ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke-9.Dalam kompleks Candi Ijo terdapat 3 candi perwara yang berjejer dari utara ke selatan dan sama-sama menghadap ke candi utama yang terpisah sendiri di bagian timur dengan posisi paling tinggi.

Candi Ijo Sleman

Sumber gambar: Akun IG @afandiar_

Candi perwara yang paling selatan berisi padmasana. Padma bisa diartikan sebagai daun teratai, padmasana adalah tempat persembahyangan umat Hindu dan untuk menaruh sesaji yang bentuknya menyerupai daun teratai, disampingnya padmasana terdapat arca nandi/ sapi. Di dalam candi perwara yang berada di tengah terdapat lingga kecil. Candi perwara di sisi utara berisi sebuah homa atau lubang besar tempat membakar sesaji. Semua candi perwara tersebut menghadap ke arah timur dan merupakan bentuk penghormatan terhadap Hindu Trimurti yakni Wishnu, Siwa, Brahma.

Lokasi Candi Ijo menurut Google Map

Candi utama dari Candi Ijo berisikan lingga yoni yang berukuran besar. Candi utama menghadap ke arah barat dan diposisi yang paling tinggi. Bagi pengunjung yang ingin mengelilingi kompleks candi terdapat larangan mengelilingi candi berlawanan arah jarum jam. Disarankan untuk memutar searah dengan jarum jam sebagai bentuk menghargai dan menjaga sopan santun. Di sekitaran bangunan candi juga terdapat berbagai prasasti yang bertuliskan mantra. Selain menikmati bangunan candi pengunjung juga bisa menikmati pemandangan yang ada di sekitar komplek candi.

Meskipun namanya adalah perbukitan ijo tempat ini tidak terlalu hijau akan tetapi pemandangan di bawahnya yang bisa Anda lihat sangatlah indah. Persawahan yang berada di perbukitan terlihat hijau dengan bentuk miring. Bukit ijo berada di timur dan menjadi batas dari Bandara Adi Sutjipto sehingga pengunjung bisa sesekali melihat pesawat terbang rendah setelah take off dan pesawat yang akan melakukan proses landing. Inilah keunikan berwisata ke candi ini, karena Anda bisa melihat peradaban manusia jaman dahulu dan peradaban manusia di era modern dalam satu tempat. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Candi Ijo bisa datang setiap hari antara pukul 07.30-16.00 WIB dengan tarif masuk seikhlasnya, cocok bagi wisatawan yang ingin objek wisata yang hemat.

Wisata Budaya Lainnya

Tags:  
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?