Menu
×

Tamasya ke Kebun Buah Mangunan

Yogyakarta sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata di kalangan wisatawan. Selain karena kekayaan budaya Jawa yang kental, Yogyakarta juga terkenal akan keindahan pantai dan alamnya yang berada di Bantul dan Gunung Kidul. Salah satu objek wisata yang mulai populer adalah Kebun Buah Mangunan.

Kebun Buah Mangunan ini terletak di kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Pembangunannya dimulai pada tahun 2003 oleh Pemerintah Kabupaten Bantul dengan luas area mencapai 23,3 hektar dan di ketinggian 150 – 200 mdpl. Anda dapat memasuki area kebun buah mulai pukul 4.30 sampai dengan pukul 17.00 WIB dengan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000,- per orangnya. Pemandangan dan suasana di tempat ini sangat menyejukkan dan cocok bagi anda untuk melepas penat dari rutinitas sehari – hari. Anda akan disuguhi pemandangan Sungai Oya yang dipadu dengan hijaunya Pegunungan Sewu.

Tak sulit menjangkau lokasi wisata yang hanya berjarak 35 km dari pusat kota Yogyakarta atau 15 km dari Bantul ini. Dari Terminal Giwangan anda dapat mengambil jalur ke arah selatan menuju Jl. Imogiri Timur setelah itu ambil jalur Imogiri – Dlingo. Kemudian ikutilah penunjuk arah yang telah disediakan menuju ke kebuh buah. Di sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan hutan pinus yang membentang di kanan kiri jalan.

Kebun Buah Mangunan

Sumber gambar : Instagram @travelmate_kamu

Sesampainya di kebun buah, pemandangan yang menakjubkan sudah menanti anda. Apabila anda berkunjung di pagi hari dan sedang beruntung, anda dapat melihat bagian bawah dari puncak Bukit Mangunan yang tertutup kabut putih yang nampak seperti awan. Karena hal inilah Kebun Buah Magunan mendapat julukan negeri di atas awan. Setelah sang surya mulai menjulang tinggi, kabut putih akan perlahan memudar dan digantikan dengan pemandangan Sungai Oya dan hamparan hutan yang hijau. Saat sore tiba, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam yang tak kalah menakjubkan.

Letak Kebun Buah Mangunan pada Peta Google Map

Seperti namanya, di kebun buah ini anda dapat menjumpai dan menikmati berbagai macam pohon buah seperti belimbing, rambutan, durian, cempedak, jambu biji, jeruk, kelengkeng, mangga, manggis, matoa, salak, sawo dan lain-lain sesuai musimnya dengan harga yang cukup terjangkau. Setelah puas mencicipi berbagai macam buah, anda juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti, outbound, memancing, berkemah, jembatan gantung, bebek kayuh, sepeda gunung, dan lain – lain. Fasilitas lain yang dapat anda peroleh adalah penginapan, tempat pembibitan buah, tempat pembibitan sapi, gazebo, gardu pandang, warung makan, mushola, dan play ground. Di play ground, anda dapat melihat rusa yang sengaja dipelihara di dalam kandang. Terkadang, anda dapat melihat kawanan monyet yang masih berkeliaran bebas di kawasan ini.

Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati keindahan alam di sini. Kebun Buah Mangunan merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi jika anda berlibur ke Yogyakarta.

Wisata Alam lainnya : Menikmati Wisata Alam Eksotis di Waduk Sermo

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja | Sewa Mobil Harian Lepas Kunci. All rights reserved.

^