Menu
×

Keindahan Tersembunyi di Pantai Jungwok Gunung Kidul

Daerah kabupaten Gunung Kidul memang memiliki banyak potensi wisata yang luarbiasa terutama wisata pantainya. Pesisir pantai yang ada di Gunung Kidul menawarkan pasir pantai berwarna putih yang kecantikannya tidak kalah dari pantai-pantai yang ada di Bali. Diantara berbagai pantai yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta, nama pantai Jungwok mungkin terasa asing dan belum terkenal. Suasana pantainya sangat sepi dan berbeda dengan pantai yang lain, selain itu lokasinya pun juga lebih jauh.

Pantai Jungwok terletak disekitar 500 meter tepatnya disebelah timur pantai Wediombo yang dikenal dengan pantainya yang angker. Pantai ini berada di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunung Kidul. Jarak tempuh untuk menuju ke pantai ini sekitar 90 kilometer atau 2 jam perjalanan dari kota Yogyakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda ingin mencoba dengan akses melewati pantai, Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda di pantai Wediombo. Setelah itu berjalan menyusuri pantai Wediombo menuju ke timur dan melewati tepian pantai, namun hal ini hanya diperbolehkan jika air laut sedang surut karena bisa membahayakan keselamatan Anda.

Pantai Jungwok

Sumber foto: Akun IG @ela_1396

Suasana pantai Jungwok masih alami dan sangat sunyi karena jarang dikunjungi wisatawan, sehingga serasa di pantai milik pribadi. Pantainya yang mempunyai ciri khas berbentuk melengkung serta dikelilingi oleh perbukitan yang begitu mempesona yang berbeda dengan pantai lain di Gunung Kidul. Selain itu, terdapat sebuah batu karang yang sangat besar yang berada ditengah lautan, sehingga menambah pemandangan yang sangat indah.  Batu karang ini sering disebut Watu Topi atau Batu Topi, diatas batu inilah pengunjung biasanya melakukan kegiatan memancing.

Keunikan pantai ini yaitu mempunyai tiga aliran sungai air tawar yang langsung menuju ke pantainya. Aliran sungai tersebut seolah-olah membelah pantai menjadi tiga bagian. Hamparan pasir putih disekeliling sungai serta birunya air laut semakin menambah daya tarik dan eksotisme di pantai ini. Dikawasan ini terdapat banyak binatang laut seperti lobster, alga serta ikan lainnya yang menghiasi beningnya air laut disini. Anda juga dapat menyaksikan ikan-ikan kecil yang terdampar di sela-sela batu karang.

Pantai Jungwok

Sumber foto: Akun IG @erwanmukti

Dari atas Bukit Manjung, Anda bisa melihat pemandangan hijau disekitar pantai yang sangat jelas sehingga akan semakin menambah keindahan alami di pantai ini. Bagi Anda yang hobi petualangan, aroma mistis pantai ini dapat menjadi tantangan yang wajib Anda kunjungi. Yang menarik lagi yaitu Anda bisa berkemah di pinggiran pantai. Karena akses menuju ke pantai Jungwok ini cukup sulit, maka tidak banyak fasilitas umum yang bisa Anda temukan disini. Bahkan, rumah penduduk sekitar pun tidak ada. Bila Anda ingin berkemah disini sebaiknya persiapkan bekal makanan dan minuman sendiri.

Wisata Alam Lain:

Wisata Alam Pantai Pakundon, Purwodadi, Tepus Gunungkidul
Meneropong Yogyakarta dari Puncak Becici

Tags:  
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^