Menu
×

Pantai Mbirit : Sebuah Surga Tersembunyi di Gunung Kidul

Selain memiliki banyak pantai-pantai besar dan terkenal, para traveler sejati umumnya memilih jenis wisata pantai yang belum banyak dieksplorasi. Salah satu pantai yang dikategorikan sebagai pantai tersebut adalah Pantai Mbirit, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai yang secara spesifik berada di dusun Bedalo, kelurahan Krambilsawit, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunung Kidul ini bersebelahan dengan Pantai Butuh dan Pantai Gluwen. Jika Anda bingung, lokasi pantai ini dari kota Wonosari adalah kearah barat dayanya.

Rute tercepat yang sering ditempuh traveler untuk ke Pantai Mbirit, Gunung Kidul, Yogyakarta ini adalah mengikuti jalur ke Pantai Ngeden yang berada di barat Pantai Ngobaran. Di pertigaan sebelum ke pantai Ngeden, Anda harus mengambil arah ke kanan menuju pantai Butuh. Setelah menemukan tempat parkir, Anda perlu memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit. Karena melewati perbukitan, akan lebih baik jika Anda mengenakan sepatu sandal yang sesuai dengan medan.

Pantai Mbirit

Sumber gambar : Akun Instagram @explore.jogja

Kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini? Selain saat air laut sedang surut, Anda bisa mengunjungi pantai ini ketika menjelang siang hari hingga sebelum sore hari. Hal ini karena pantai ini bukan merupakan lokasi yang bagus untuk menikmati matahari terbit maupun matahari terbenam. Mengapa demikian? Adanya bebatuan dan tebing karang tidak memungkinkan semua sudut pantai untuk dapat menerima pencahayaan alami dari sinar matahari. Jadi, jika ingin menyaksikan matahari terbit dan terbenam, Anda harus memilih lokasi pantai yang memiliki hamparan luas dan terbuka.

Baca Sebelumnya : Berlibur di Pantai Wohkudu, Gunung Kidul, Yogyakarta

Pantai Mbirit, Gunung Kidul, Yogyakarta ini merupakan pantai yang berukuran kecil dan sangat tersembunyi. Karena itu, banyak traveler yang menamakannya surga yang tersembunyi. Sebutan surga juga bukan tanpa sebab. Pantai ini memiliki keindahan dan suasana yang asri dan tenang. Hamparan pasir putih di permukaan pantai ini tertutupi oleh bebatuan vulkanik yang berukuran besar hingga lebih dari 2 meter. Seperti pantai kecil lainnya di Gunung Kidul, pantai Mbirit dibatasi oleh tebing-tebing karang pada kedua sisinya. Karena banyaknya bebatuan besar dan besarnya ombak khas laut selatan, para wisatawan yang berkunjung di tempat ini hanya diizinkan untuk menikmati pemandangan dan mengabadikan momen dengan berfoto-foto. Pengunjung dilarang untuk bermain air atau bahkan berenang karena setiap sudut pantai ini tidak memungkinkan untuk menyelamatkan diri.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa terlepas dari kecil luasnya pantai di Gunung Kidul yang Anda kunjungi, selalu ada kesan keindahan tersendiri yang ditampilkan oleh pantai tersebut seperti halnya pantai Mbirit. Demikian beberapa informasi seputar Pantai Mbirit, Gunung Kidul, Yogyakarta yang keindahannya belum banyak diketahui orang. Apakah Anda tergiur untuk mengunjungi pantai yang merupakan surga tersembunyi di Gunung Kidul ini?

Lokasi Pantai Mbirit di Peta Google Map :

Tags:  
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?