Menu
×

Menjelajahi Eksotisme Pantai Watunene Gunung Kidul

Jika ingin jelajah pantai-pantai eksotis di Gunung Kidul, Anda perlu memasukkan Pantai Watunene ke dalam list kunjungan wisata yang dibuat. Selain dari namanya sendiri yang unik, pantai yang berlokasi di Tepus Gunung Kidul ini memiliki ciri khas tebing yang mengelilinginya hingga menyerupai sebuah benteng tinggi. Walaupun dikelilingi oleh tebing karang, pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih seperti pantai lainnya. Beberapa batu karang kecil menghiasi hamparan pasir putih di bibir pantai. Karenanya, jika Anda ingin bermain di hamparan pasir pantai ini, ada baiknya untuk tidak melepaskan alas kaki. Kalaupun harus melepaskan alas kaki, Anda harus memperhatikan langkah ketika berjalan.

Karena keunikan geografis dari pantai ini, beberapa orang sering membandingkan Pantai Watunene dengan Pantai Dreamland yang terdapat di Bali. Dengan kemiripan tersebut, pantai ini pun mendapatkan julukan sebagai Pantai Dreamland ala Jogja. Selain tebing berderet, dari sudut tertentu Anda juga bisa melihat hamparan tanaman hijau yang melapisi beberapa bagian tebing. Anda bahkan juga bisa melihat akar-akar dari tumbuhan di sana yang menjuntai ke bawah.

Pantai Watunene

Sumber Foto: Akun Instagram @danuwijaya27

Ketika berkunjung ke Pantai Watunene, selain berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai Anda juga bisa mengistirahatkan diri di gubuk yang tidak jauh dari bibir pantai. Gubuk ini merupakan gubuk yang dibangun oleh penduduk lokal dan sering digunakan untuk beristirahat setelah lelah mencari lobster dan rumput laut. Jika bermain di sekitar pantai dengan pasirnya, Anda bisa membersihkan diri ke tempat khusus yang disediakan berupa sumber air tawar. Sumber air tawar di sini berasal dari tebing-tebing yang tinggi sehingga diminumpun tidak akan masalah. Jadi, sumber air tidak berasal dari bawah tanah apalagi pasir.

Walaupun indah karena dikelilingi deretan tebing, sayangnya keberadaan tebing tersebut juga menjadi salah satu alasan mengapa pantai ini bukan merupakan lokasi yang direkomendasikan untuk menikmati matahari terbit maupun matahari terbenam. Jadi, mengingat medannya pula, Anda harus mengusahakan untuk datang maupun kembali ketika suasana cukup terang sehingga akan lebih mudah dalam melewati tebing yang curam dimana kebetulan jalanan tersebut berbatasan langsung dengan jurang.

Baca Sebelumnya : Museum Benteng Vredeburg dan Sejarah Perjuangan Republik Indonesia

Jika Anda tetap tertarik untuk mengunjungi Pantai Watunene, Anda bisa menempuh rute seperti akan ke Pantai Seruni yang berada di sebelah timur dari pantai ini. Karena rute yang panjang dan berkelok-kelok, akan lebih baik jika Anda menggunakan motor atau kendaraan di rental motor. Sebelum mencapai pantainya, Anda harus memarkirkan kendaraan kemudian berjalan dan menuruni tebing yang cukup curam. Seperti ketika mengunjungi tempat wisata pada umumnya, sebagai pengunjung Anda harus menjaga kebersihan dari pantai tersebut. Jadi, siapkah Anda untuk menyaksikan eksotisme dari pantai ini? Jangan lupa untuk mempersiapkan kamera Anda, dan selamat melakukan jelajah pantai.

Lokasi Pantai Watunene di Google Map :

Tags:  
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^