Menu
×

Sunrise Punthuk Setumbu: Spot Idola Wisatawan

Bagi para pecinta alam, tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati Sunrise Punthuk Setumbu. Ini adalah salah satu tempat wisata yang ada di Magelang, tepat sebelah barat daya Candi Borobudur di Magelang. Sayangnya, kebanyakan turis tidak tahu tempat ini. Banyak yang mengenal Magelang karena Candi Borobudur, yaitu Candi Budha terbesar di dunia. Namun, hanya sedikit yang tahu tentang Punthuk Setumbu.

Lokasi Sunrise Punthuk Setumbu

Anda mungkin tidak percaya keindahan sunrise dari Punthuk Setumbu. Anda boleh tidak percaya sebelum melihat sendiri. Tempatnya sangat mudah dijangkau. Tepatnya berada di barat daya Candi Borobudur di dusun Kerahan, Desa Karangrejo. Anda bisa naik ojek atau mengendarai kendaraan sendiri jika Anda sudah sampai di Borobudur.

Akan tetapi, Anda harus memperhatikan waktu. Pastikan Anda merencanakan liburan di tempat ini pada musim kemarau. Percuma jika Anda di Punthuk Setumbu pada musim hujan karena sunrise tidak tampak.

Jadi, Anda bisa melihat secara langsung keajaiban alam ciptaan Tuhan. Di Magelang, kini Anda memiliki tempat wisata lain selain Candi Borobudur.

Keindahan Sunrise di Punthuk Setumbu

Seperti yang Anda ketahui dari namanya, ini adalah tempat atau spot di mana Anda bisa melihat matahari terbit. Wisatawan menyebutnya juga dengan nama Sunrise Borobodur Punthuk Setumbu karena letaknya yang tidak jauh dari Borobodur. Wajar jika orang tahu Borobodur dulu daripada Sunrise Punthuk Setumbu. Pasalnya, Borobudur sudah terlebih dulu dikenal karena menjadi salah satu warisan budaya dunia.

Sunrise Punthuk Setumbu

Sumber foto: Akun Instagram @gabrielphotostory

Borobudur sudah lama menjadi obyek wisata religi (bagi penganut Budha) dan juga menjadi spot untuk melihat sunrise. Akan tetapi, sekarang para wisatawan memiliki opsi lain, yaitu melihat surise di Punthuk Setumbu. Ini merupakan bukti yang berada di sekitar Borobudur. Kawasan Magelang yang merupkan kota di mana Borobudur berada merupakan kawasan datar. Dengan adanya bukit ini, sunrise sangat jelas terlihat.

Biaya Tiket ke Sunrise Punthuk Setumbu

Anda tidak perlu mengkhawatirkan mengenai harga tiket. Untuk menikmati sunrise di Punthuk Setumbu ini, Anda hanya akan dikenakan retribusi sebesar Rp15.000/ orang. Jika Anda masih berada di Jogjakarta, disarankan Anda melakukan perjalanan di malam hari. Jarak antara Jogjakarta ke Punthuk Setumbu hanya sekitar 1 jam.

Jangan sampai Anda sampai di bukit tersebut setelah jam 5 pagi. Pasalnya, keindahan sunrise hanya bisa dinikmati sekitar pukul 5. Tempat ini akan dipadati wisatawan, dari lokal maupun dari mancanegara sekitar bulan Juni sampai Agustus karena pada bulan-bulan tersebut, Magelang mengalami musim kemarau. Pada bulan-bulan tersebut, Anda akan membuktikan sunrise Punthuk Setumbu sebagai spot terbaik untuk menikmati matahari terbit.

Baca Juga : Wisata Magelang lainnya

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^
1
×
Halo, dengan RentalMobilJogja.ID. Ada yang mau ditanyakan?