Menu
×

Keindahan Alam Grojogan Sewu Tawangmangu, Air Terjun Megah Setinggi 81 Meter

Datang ke Kota Solo, jangan kira kota ini tak punya apa-apa. Potensi wisatanya sangat beragam, sehingga apabila Anda tahu harus mencari ke mana, dapat Anda temukan harta-harta alam yang terpendam. Salah satunya adalah Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu. Tempat ini cukup terkenal, namun masih asing di telinga sebagian kalangan. Terletak di daerah Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, perjalanan dari Solo ke tempat ini cukup memakan waktu 45 menit hingga 1 jam saja. Cukup dekat bukan? Anda dapat menggunakan layanan bus jurusan Tawangmangu, dan turun di Terminal Tawangmangu, kemudian melanjutkan dengan jalan kaki 20 menit atau naik ojek.

Sampai di gapura gerbang masuk Grojogan Sewu Tawangmangu, Anda sudah dapat mulai mendengar samar-samar suara deras air terjun yang jatuh. Di loket, Anda harus membayar dulu tiket masuk. Harga bervariasi tergantung kapan Anda datang. Apabila Anda datang pada hari biasa, cukup membayar harga tiket 11.500 Rupiah per orang. Beda dengan harga tiket pada hari libur yang 13.500 per orang. Harga tiket masuk khusus untuk wisatawan asing bisa hingga 160 ribu rupiah per orang, berbeda jauh ya dengan tiket lokal. Meninggalkan loket, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam di sekitar yang tak terkira. Di sekitar Anda terdapat banyak kicauan burung, suara air samar-samar, hijaunya pepohonan dan tetumbuhan, ditambah dengan sejuknya udara. Penat yang Anda bawa langsung hilang seketika.

Grojogan Sewu Tawangmangu

Sumber foto : akun instagram @zenisaleander

Meski alamnya indah, sebagian orang mengira air terjunnya sulit dijangkau. Jangan salah, jalan-jalan setapak terbuat dari batu dan aman untuk dipijak. Apabila Anda datang dari pintu atas Grojogan Sewu Tawangmangu, perjalanan Anda akan lebih berat, karena Anda harus menuruni anak tangga sejumlah kurang lebih 1.250 anak tangga. Namun perjalanan Anda tak akan terasa, karena Anda dapat berjalan turun sambil menikmati indahnya hutan sekitar, kera-kera yang sesekali berseliweran sibuk sendiri, dan tentu saja suara air terjun.

Lokasi Grojogan Sewu Tawangmangu di Google Map:

Anda akan tahu kalau Anda sudah dekat dengan air terjun apabila sudah mencapai tanah lapang dengan pohon-pohon rindang serta pedagang-pedagang yang menjajakan jajanan untuk para wisatawan. Di sini dapat Anda temui banyak hiburan permainan keluarga seperti Mini Rafting dan Flying Fox. Anda juga dapat menikmati wisata air Mini Water Boom. Setiba di dasar air terjun, Anda disambung dengan megahnya deru air terjun setinggi 81 meter itu. Dekat air terjun terdapat Jembatan Cinta yang menghubungkan bagian kanan dan kiri sisi air terjun. Terdapat mitos yang cukup dipercayai oleh penduduk sekitar, yaitu pasangan yang berhenti sejenak ketika melewati jembatan, akan cepat berpisah. Terserah pada Anda untuk mempercayainya atau tidak.

Jalan-jalan ke Grojogan Sewu Tawangmangu cukup seru, apabila datang beramai-ramai bersama rombongan. Selain menikmati keindahan alam, tak lupa saya abadikan beberapa foto sebagai kenang-kenangan akan tempat ini.

 

Baca Juga : Menikmati Semaraknya Malam Minggu di Ngarsopuro Night Market

Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^