Menu
×

Keunikan Pantai Jogan, Purwodadi, Tepus di Gunung Kidul

Tinggal di kota pelajar, DI Yogyakarta, memang memiliki banyak sekali keuntungan khususnya bagi Anda yang suka bertualang dan bertraveling. Salah satu tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah pantai Jogan, Purwodadi, Tepus. Pantai yang satu ini cukup unik dan menawarkan sensasi yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan pantai lain yang ada di wilayah selatan pulau Jawa. Yang membuat pantai ini unik adalah Anda bisa menemukan sebuah air terjun di bibir pantai Jogan yang airnya langsung terjun ke pantai selatan. Keunikan tersebut memang sangat jarang terjadi khususnya di pantai-pantai yang ada di wilayah pulau Jawa khususnya wilayah Yogyakarta.

Pesona dari pantai Jogan, Purwodadi, Tepus tersebut akan lebih indah jika Anda datang pada musim penghujan. Pasalnya, pada saat musim kemarau debit air yang ada di air terjun cukup sedikit. Terlebih sebagian airnya juga akan dipergunakan oleh warga sekitar untuk berbagai keperluan sehari-hari. Bagi Anda yang ingin menikmati sensasi guyuran air terjun yang terletak di bibir pantai Jogan, Anda harus turun menggunakan jalan setapak yang sudah dibuat oleh warga sekitar. Akan tetapi Anda perlu berhati-hati mengingat jalan setapak tersebut cukup curam dan sangat licin khususnya pada saat musim hujan. Terdapat kayu penopang yang bisa difungsikan sebagai pegangan.

Pantai Jogan

Sumber foto: Akun Instagram @anzsdocumentary

Tidak hanya memiliki air terjun yang cukup unik, pantai Jogan, Purwodadi, Tepus tersebut juga memiliki panorama yang sangat indah. Area pantai di tempat wisata tersebut tergolong landai dan memiliki banyak karang. Sehingga bagi Anda yang ingin tahu bagaimana rupa ekosistem wilayah pesisir khususnya pantai maka Pantai Jogan yang berada di desa Purwodadi di Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul tersebut bisa menjadi pilihan yang tepat. Terumbu karang yang di tempat wisata tersebut memang sangat beragamĀ  Meski demikian, Anda harus berhati-hati dengan ombak yang ada di lokasi wisata air yang satu ini, pasalnya ombaknya cukup besar sama seperti ombak d pantai di pesisir pulau Jawa.

Pantai Jogan

Sumber foto: Akun Instagram @jetrani.rd

Untuk bisa mengunjungi pantai dengan panorama indah di wilayah desa Purwodadi ini, Anda bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan motor maupun mobil baik itu milik pribadi atau hasil rental mengingat tidak ada angkutan umum yang menuju tempat wisata tersebut. Anda bisa melaju di jalan Wonosari ke arah Gunung Kidul hingga menemukan desa Purwodadi. Mengingat minimnya petunjuk jalan, Anda bisa bertanya pada warga sekitar mengenai pantai Jogan, Porwodadi, Tepus agar tidak tersebut. Jangan lupa membawa bekal secukupnya mengingat lokasi ini masih jarang dikunjungi sehingga hanya sedikit warung makan yang tersedia. Kalaupun ada, itu pun hanya ada beberapa sehingga tidak ada salahnya membawa bekal sendiri.

Artikel Lainnya:

Petulangan di Pantai Songlibeg Purwodadi Tepus
Melihat Pemandangan Indah di Kebun Buah Mangunan

Tags:  
Back To Home

Copyrights 2014 Rental Mobil Jogja. All rights reserved.

^